5 Cara Agar Tetap Sehat saat Anggota Keluarga sedang Sakit

Posted on

Banyak yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan. Mulai dengan cara memakai masker, mencuci tangan, membuka pintu menggunakan siku, hingga jaga jarak dengan orang lain. Akan tetapi, dari anggota keluarga yang akan menjadi situasi yang akan menjadi rumit.

“Sebab dari faktor dari keluarga karena kedekatannya, Anda akan dapat tertular jika ada anggota keluarga anda yang dirumah sedang sakit,” ucap doker spesialis anak.

Penularan pada saat di rumah akan sangat mudah. Tetapi, jika ada strategi yang dapat anda lakukan jika diterapkan agar bisa selalu sehat tanpa bisa ketularan penyakit.

1. Batasi kontak

Bisa menjadi kemungkinan, jika anggota keluarga anda ada yang sakit bisa menjalankan isolasi mandiri. Saat penyakit yang diderita seperti flu dan juga Covid-19 atau penyakit lainnya yang telah ditularkan dengan cairan saluran pernapasan. Isolasi yang bisa menghindari dengan kontak pada cairan yang keluar pada saat sedang bersin dan juga batuk.

2. Jaga Kebersihan kamar mandi

Para ahli mengatakan jika ada baiknya jika memiliki satu kamar mandi khusus untuk pengguna yaitu pasien. Anda harus membuat ventilasi udara untuk pergantian udara pada kamar mandi.

3. Cuci tangan

Pada saat ini, mencuci tangan juga menjadi salah satu wajib dilakukan di mana dan kapan pun. Dari kebiasaan ini juga anda harus mempertahankan dan menambah sesudah kontak pada keluarga anda yang sedang sakit.

4. Pertimbangkan masker

Sesudah seharian anda menggunakan masker pada saat aktivitas kerja, pada saat di rumah juga menjadi tempat yang merupakan tempat orang akan bebas bernapas. Mungkin saja, pada saat ada anggota keluarga anda sedang sakit, untuk pemakaian masker harus diperpanjang.

5. Bersih-bersih lebih sering

Anda disarankan untuk lebih sering melakukan bersih-bersih. Anda bisa melakukan pembersihan dari permukaan apapun itu, contohnya seperti gagang pintu rumah atau dimana saja.