3 Manfaat Sehat Air Kelapa

Posted on

Air kelapa dikenal sebagai minuman yang enak dan segar untuk tubuh. Selain dari rasanya yang segar dan enak, ternyata air kelapa menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan.

Minuman kaya akan vitamin an juga mineral yang bisa mendukung kesehatan. Air kelapa bisa juga untuk menghindrasi dan meningkatkan kesehatan jantung dan bisa membantu mencegah batu ginjal.

Ada beberapa manfaat kesehatan utama dari Air Kelapa yang sudah diuji oleh para peneliti.

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Pada penelitian kecil pada tahun 2005, orang yang minum secangkir air kelapa dalam dua kali sehari dalam 10 minggu bisa mengalami penurunan tekanan darah dan juga signifikan jika dibandingkan dengan orang yang mengonsumsinya dalam kemasan. Ini mungkin disebabkan karena air kelapa mengandung kalium, nurtrisi yang penting untuk kesehatan jantung.

Meskipun begitu pada penelitian yang lebih lanjut manusia masih memerlukan, pada penelitian terhadap hewan juga memperlihatkan jika air kelapa juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan juga bisa membantu menurunkan kolestrol dan bisa mencegah pembekuan pada darah.

2. Mengembalikan Cairan Tubuh Usai Olahraga

Keringet yang bercucuran pada saat anda sedang berolahraga akan membuat tubuh anda kekurangan cairan juga garam elektrolit yaitu natrium, kalium dan juga magnesium.

Tubuh akan membutuhkan elektrolit agar bisa membantu menjaga keseimbangan penting diantara air dan garam yang ada di dalam tubuh.

3. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal yang terbentuk pada saat mineral dalam kalsium dan juga oksalat yg menggumpal dan kristal di dalam ginjal. Air kelapa bisa membantu mencegah batu ginjal dengan cara memperbanyak kadar sitrat dan juga kalium di dalam urin anda. Karena dalam senyawa ini bisa membantu untuk mencegah kalsium yang menumpuk ke dalam ginjal dan menjadi tumpukan batu.

Dari penelitian studi pada tahun 2018 sudah menemukan jika orang yang minum air kelapa dalam perhari bisa mengalami peningkatan yang bagus pada kadar sitrat dan juga kalium pada urin mereka.

Tetapi, diperlukan lebih banyak pada penelitian untuk bisa melihat apa minum air kelapa pada jumlah yang sedikit bisa mempunyai efek yang sama.